Recents in Beach

THE POWER OF MIND

Rahasia Kekuatan Pikiran Bawah Sadar 

Kekuatan Pikiran

Semua orang memiliki kekuatan dan kecedasan PIKIRAN BAWAH SADAR  yang sangat LUAR BIASA, tapi tidak semua orang mengetahui, menyadari dan bisa memanfaatkannya secara optimal untuk memperoleh kesuksesan, kesehatan dan kebahagiaan.

Banyak orang sudah tahu, bahwa kekuatan Pikiran sadar hanya sekitar 12% saja, sementara 88% sisanya tersimpan di Pikiran Bawah Sadar anda?

Riset yang dipublikasikan oleh Azegedy-Maszak dalam artikel “Mysteries of the mind: Your Unconscioos is Making Everyday Decisions” menyatakan:

Cognitive neuroscientist menemukan bahwa pikiran bawah sadar bertanggungjawab memengaruhi, dan menentukan proses dan hasil dari 95% hingga 99% aktivitas berpikir, dan dengan demikian menentukan hampir semua keputusan, tindakan, emosi dan perilaku kita.


Mengenali Cara Kerja Pikiran

Pikiran bekerja dengan sistim atau cara tertentu. Ada cara pikiran sadar dan ada pikiran bawah sadar. Secara sederhana, pikiran sadar bermakna sesuatu yang ketika seseorang melakukan, perlu benar-benar tahu, sadar dan memikirkannya. Contoh ; saat anda pertama kali belajar mengemudikan mobil misalnya, apa yang anda rasakan? Kaku, harus benar-benar memperhatikan dimana rem, kopling atau pedal gas. Memikirkan dan merasakan sungguh-sungguh tekanan yang diberikan saat memijak pedal gas atau kopling, artinya semua dilakukan secara sadar penuh. Inilah yang dimaksud dengan cara pikiran sadar.

Setelah berulang-ulang melakukannya, bertahun tahun bahkan, anda merasa seolah tangan dan kaki anda bekerja secara automatic, tanpa perlu memikirkan proses dan caranya secara cepat bisa dilakukan, nah, inilah yang disebut program pikiran bawah sadar.

Jadi pikiran bawah sadar sebenarnya sangat sadar.

Fungsi Pikiran Sadar dan Pikiran Bawah Sadar

Pikiran sadar terletak dibagian korteks otak, dan mulai aktif pada saat manusia berumur tiga tahun. Pikiran sadar mempunyai fungsi antara lain:

1.     Mengidentifikasi informasi yang masuk melalui panca indera, penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap, sentuhan atau perasaan.

2.     Membandingkan informasi yang masuk dengan data-base (referensi, pengalaman dan segala informasi) yang sudah ada dalam pikiran bawah sadar,

3.     Menganalisa data yang baru masuk tersebut dengan membagi informasi itu menjadi komponen yang lebih kecil agar dapat dianalisa dengan seksama,

4.     Memutuskan respon atau tindakan akan diambil, apakah data baru akan disimpan, dibuang atau diabaikan sementara.

Sementara itu pikiran bawah sadar terbentuk sejak manusia dalam kandungan, pikiran bawah sadar terletak dibagian otak yang disebut medulla oblongata. Sejak lahir hingga usia tiga tahun, apapun yang terjadi disekitar kita baik itu hal yang positif maupun negatif akan diserap dan masuk kepikiran bawah sadar, yang kapasitasnya jauh lebih besar dari pikiran sadar dan mempunyai fungsi yang jauh lebih komplek. Pengalaman yang paling berkesan dan mempunyai komponen emosi yang tinggi akan menjadi informasi terekam sangat kuat dipikiran bawah sadar.

Semua fungsi organ tubuh kita diatur cara kerjanya dari pikiran bawah sadar. Selain itu nilai-nilai yang kita pegang, sistem kepercayaan dan keyakinan terhadap segala sesuatu juga disimpan di sini. Memori jangka panjang kita juga terdapat dalam pikiran bawah sadar.

Pikiran bawah sadar menyimpan hal-hal sebagai berikut:

Kebiasaan (baik, buruk, refleks) Contoh kebiasaan refleks, menutup mulut saat bersin atau batuk

Emosi ; Bagaimana perasaan kita mengenai suatu keadaan, hal tertentu ataupun terhadap orang lain (marah, sedih, bahagia)

Memori jangka panjang; Merupakan tempat penyimpanan informasi yang bersifat permanen. Ada memori yang tidak dapat diingat dalam kondisi sadar namun dapat dimunculkan kembali dengan bantuan hipnosis.

Kepribadian; Adalah karakteristik individual yang bersifat dinamis.

Intuisi; Merupakan perasaan mengetahui secara instingtif dan biasanya berhubungan dengan spiritual atau metafisik.

Kreatifitas; Kemampuan kita untuk mengubah visi, pemikiran dan impian menjadi kenyataan.

Persepsi; Adalah cara pandang personal, bagaimana kita melihat dunia menurut “kaca mata” kita.

Belief dan value; belief atau kepercayaan adalah sesuatu yang kita yakini sebagai hal yang benar. Sedangkan value atau nilai adalah segala sesuatu yang kita pandang sebagai hal yang penting.


Sifat Pikiran Bawah Sadar

  1. Pikiran bawah sadar dan pikiran sadar adalah dua kesadaran yang bekerja paralel dan saling memengaruhi. Pikiran sadar dan bawah sadar mempunyai struktur logika yang berbeda. Logika pikiran sadar disebut conscious logic. Logika pikiran bawah sadar disebut trance logicTrance logic: Kemampuan mencampur atau menggabungkan dengan bebas persepsi yang berasal dari realita dengan yang berasal dari imajinasi.
  2. Berfikir konkrit /literal
  3. Tugas utama pikiran bawah sadar adalah melindungi individu (tubuh fisik dan pikiran sadar) dari hal-hal yang ia persepsikan berbahaya atau merugikan
  4. Pikiran bawah sadar adalah sumber emosi
  5. Pikiran bawah sadar mengamati dan memberikan respon dengan jujur
  6. Pikiran bawah sadar berisi program-program yang secara fundamental mengendalikan perilaku stimulus- respon
  7. Pikiran bawah sadar melindungi diri kita menurut cara, strategi, mekanisme atau logikanya sendiri

 

Hukum Pikiran

  1. Dalam pikiran tidak ada Masa Lalu dan Masa Depan, yang hanya ada waktu sekarang
  2. Pikiran hanya dapat memikirkan satu hal dalam satu saat.
  3. Kekuatan program pikiran ditentukan oleh intensitas emosi
  4. Program pikiran bisa saling mendukung atau berlawanan
  5. Setiap pikiran atau ide mengakibatkan reaksi fisik; pikiran dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh.
  6. Kita mendapatkan apa yang kita harapkan (The Law of Expectancy); Otak dan sistem saraf hanya bereaksi terhadap gambaran mental.
  7. Saat kita berurusan dengan pikiran, imajinasi jauh lebih kuat daripada pengetahuan (The Law of confliuct); Bila terjadi konflik antara imajinasi dan logika, imajinasi selalu menang.
  8. Ide yang bertentangan tidak dapat dijalankan secara bersamaan.
  9. Bila suatu ide telah diterima oleh Pikiran Bawah Sadar, ide itu akan menetap di Bawah Sadar sampai ada ide lain yang menggantikannya. Semakin lama suatu ide berada di bawah sadar, semakin besar penolakan yang muncul saat ide itu hendak diganti.
  10. Gejala sakit yang timbul akibat suatu emosi bila terus bertahan, akhirnya akan menjadi suatu realita fisik.
  11. Setiap sugesti yang ditindaklanjuti akan membuka peluang yang lebih besar untuk keberhasilan sugesti berikutnya.

Posting Komentar

0 Komentar