Recents in Beach

Belief Negatif Menyebabkan Penyakit Psikosomatis

Penyakit Psikosomatis
Beberapa bulan yang lalu, seorang klien perempuan, datang ke Klinik Hipnoterapi di Pekanbaru mengeluhkan gangguan rasa nyeri/sakit (vaginismus) setiap kali berhubungan seksual dengan suami, beliau sudah menikah selama 10 tahun dan selama itu harus menahan rasa sakit yang sangat menyiksa bahkan sebelum terjadi penetrasi. karena beliau mengatakan sudah konsultasi dan cek ke dokter serta tidak ditemukan kelainan pada organ reproduksi, pasti ada 'sesuatu' yang lain pikir saya.

Sahabat tentu sudah memahami, bahwa terjadinya rasa sakit pada vagina saat terjadi penetrasi sering disebabkan respon fisik yang sangat kuat, berupa kejang atau ketegangan di sekitar otot-otot vagina, dan ketegangan ini selalunya disebabkan oleh perasaan takut.
Benar saja, melalui proses hipnoanalisis  ditemukan bahwa klien pernah mendapatkan informasi yang kurang memberdayakan tentang seksual. sewaktu berumur 6 tahun, klien selalu diberitahu oleh pengasuhnya bahwa hubungan seksual itu menyakitkan, kotor dan berdosa. serta juga pernah menonton video tentang sadomasokis atau hubungan seksual dengan cara menyakiti. sejak itu dalam pikiran yang masih belia, klien memahami dan meyakini bahwa hubungan seks itu menyakitkan, kotor dan dosa.

Tentu sahabat setuju, bahwa saat masih kecil pikiran sadar dan filter mental belum begitu dominan, sehingga informasi apapun terutama dari orang yang lebih dewasa dengan mudah diserap dan disimpan dalam gudang memori di pikiran bawah sadar, sehingga informasi apapun baik atau buruk, salah atau benar bila sudah masuk ke pikiran bawah sadar akan diterima dan diyakini sebagai sebuah kebenaran. hingga kemudian yang terjadi, setiap kali ingin melakukan hubungan seksual dengan pasangan, keyakinan tersebut membuat rasa takut, tegang terutama pada organ seksualnya.

Akhirnya,... dalam kondisi hipnosis yang dalam dengan teknik tertentu, setelah dilakukan negosiasi dan restrukturisasi pada belief dengan memberikan informasi yang benar dan baik tentang seksual, kondisinya menjadi lebih berdaya. tentu saja saya tidak bisa melihat dan mendengar efeknya secara lansung saat itu, karena harus dilakukan pembuktian lebih dulu...
Seminggu kemudian. sebuah SMS dari klien yang bersangkutan sangat singkat;
"Assalamualaikum, Pak. Alhamdulillah...terima kasih".

Sahabat, bila anda, keluarga atau sahabat anda juga pernah atau sedang merasakan kondisii yang kurang memberdayakan seperti klien saya, silakan cek KEYAKINAN Anda, boleh jadi ada yang menghambat atau Kurang memberdayakan dalam belief anda.

Salam Bahagia.
Khairul Anwar, S.Psi, C.Ht

Posting Komentar

0 Komentar