Recents in Beach

HIPNOTERAPI UNTUK MENGATASI GANGGUAN BIPOLAR

Gangguan Bipolar


Pagi ini, sangat senang sekali menerima kabar dari salah satu klien yang pernah menjalani sesi hipnoterapi di Klinik Hipnoterapi Pekanbaru lebih satu tahun yang lalu. klien ini sebut saja Susi, baru mengabarkan bahwa dirinya sudah diwisuda dari program S1 di Universitasnya beberapa hari yang lalu. Susi juga memberitahu jika kondisi emosinya setahun ini sangat stabil dan baik selalu.

Empat belas bulan yang lalu, Susi datang bersama orangtuanya ke Klinik Hipnoterapi Pekanbaru Minda Brilliant untuk menjalani sesi hipnoterapi, Orangtuanya menyampaikan bahwa Susi sering berhalusinasi, berbicara sendiri, emosinya tidak terkendali, saat marah sering membenturkan atau memukul kepalanya sendiri, beberapa kali juga menyayat tangannya. Susi juga bisa tiba-tiba menangis, mengurung diri dan sering sulit tidur. Menurut ibunya, Susi anak yang juga periang dan pintar, sejak SD sampai SMP mendapatkan Rangking 1 terus, Sejak masuk SMA prestasinya mulai menurun namun tetap di rangking tiga besar, Sejak awal kuliah sampai tahun ketiga Indeks Prestasinya naik turun, dan puncaknya beberapa minggu ini Susi malas kekampus.

Sebelumnya Susi sudah ditangani oleh professional lainnya lebih dari 6 bulan dan diberikan diagnosa gangguan Bipolar. serta diberikan obat yang harus dikonsumsi setiap hari. Orang tua Susi membawa ke Hipnoterapis atas permintaan Susi sendiri karena tidak ingin terus bergantung dengan obat.

 

Apa itu Gangguan Bipolar?

Menurut Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders edisi kelima (DSM-5) yang menjadi panduan American Psychiatrist Association, gangguan bipolar ditandai dengan periode depresi yang berkepanjangan, mendalam, dan intens yang silih berganti dengan periode suasana hati yang sangat gembira dan mudah kesal secara berlebihan atau mania.

Gangguan Bipolar sering disebut juga dengan gangguan mental yang membuat pengidapnya memiliki suasana hati/perasaan yang labil. Ciri-ciri orang dengan Gangguan Bipolar pada umumnya adalah mood swing atau perubahan emosi yang cepat. Dalam satu kondisi dan situasi bisa tampak sedih dan juga tiba-tiba bahagia.

Orang Dengan Gangguan Bipolar sering mengalami episode manik dan depresi. Episode manik yakni kondisi dengan gejala energi yang tinggi, semangat, sulit tidur, berkhayal. Sementara episode depresi menunjukkan kondisi energi rendah, kurang semangat, kehilangan minat dalam melaksanakan aktivitas.

Terapi Gangguan Bipolar dengan Hipnoterapi Klinis

Diawal sesi Hipnoterapi, Susi bertanya apakah penyakit BIPOLAR yang dialami bisa disembuhkan? karena dari banyak artikel yang dibaca menyebutkan Bipolar sulit disembuhkan dan dapat berlangsung seumur hidup. Saat itu saya menyampaikan; "Sebagai Hipnoterapis Klinis, saya tidak memberikan diagnosa penyakit apapun, karena bukan wilayah saya untuk mendiagnosa, dan saya tidak bekerja berdasarkan diagnosa yang diberikan professional sebelumnya. Bagi saya sebagai Hipnoterapis, setiap simtom apapun yang dialami baik secara emosi, prilaku dan fisik adalah sebagai cara komunikasi dari Pikiran Bawah Sadar, yang dimunculkan karena sebab tertentu, maka tugas saya dan klien adalah mencari penyebab dan akar masalahnya, bereskan emosi dan belief yang menghambat".

Dihadapan orang tuanya, saya menjelaskan tentang hipnoterapi, cara kerja pikiran sadar dan bawah sadar serta bagaimana pembentukan perilaku dan penyakit pada seseorang. Saya menjelaskan tentang ego personality atau bagian diri, bagaimana terbentuknya bagian diri "sedih" atau bahagia"" serta bagian diri yang lain pada seseorang. Saya juga meminta komitmen dari orang tua susi untuk bekerjasama dalam proses terapi, jika ditemukan bahwa yang menjadi penyebab masalah pada susi adalah pola komunikasi dan pola asuh dari orangtua, maka mereka juga perlu bersedia untuk memperbaiki.

Dalam proses hipnoterapi dengan teknik tertentu yang telah teruji secara klinis untuk menemukan akar masalah dan menetralisir emosi negatif, ditemukan banyak pengalaman masa lalu dengan muatan emosi negatif yang intens. Sejak masih TK Susi selalu dituntut untuk memiliki prestasi dan nilai tinggi oleh ibunya, ibunya selalu mengikutkan lomba seperti mewarnai, fashion show yang terkadang tidak disukai Susi. Ibunya pernah memarahinya didepan teman TK saat ikut lomba fashion show dan Susi terjatuh dipanggung karena gaun yang dipakai terpijak temannya. Susi merasa bukan kesalahannya tapi tidak berani untuk membantah dan hanya bisa menangis. Sejak SD susi dituntut untuk menjadi juara, harus belajar dan tidak diberikan keleluasaan untuk bermain dengan temannya. Ibunya akan memarahi, mencubit jika nilai ulangannya dibawah 95, bahkan pernah mengurung dikamar mandi sewaktu Susi tidak mau belajar. Meskipun kesal dan marah pada ibunya, namun Susi kecil tidak berani melawan atau membantah. Susi memang menjadi Juara 1 dikelasnya sampai SMP, dan setiap juara ibunya sering memberikan hadiah pada dirinya.

Sebagai anak tunggal, Susi tidak memiliki teman untuk bercerita atau bermain, Susi juga merasa kesal pada ayahnya, meskipun ayahnya tidak pernah memarahinya, tapi ayahnya hanya diam dan tidak membantu saat Susi dimarahi oleh ibunya. Semua emosi marah, sedih, kesal hanya bisa ditahan dan disimpan, dan semakin Susi tumbuh besar, akumulasi intensitas emosi juga semakin meningkat. Itu sebabnya kemudian muncul bagian diri yang merasa lelah, merasa tidak berdaya dan dimunculkan dengan menyakiti diri sendiri, menjadi malas tidak semangat.

Melalui proses hipnoterapi Klinis yang berlangsung lebih dari tiga jam, tekanan emosi negatif yang tersimpan dilepaskan dan dinetralisir, ego personality atau bagian diri yang selama ini membuat tidak nyaman, dinegosiasi untuk bekerjasama dengan tugas baru yang lebih memberdayakan.

Satu minggu setelah selesai terapi, Orang tua susi mengabari kalau Susi sudah sudah kembali kuliah dengan semangat, bisa tidur lebih nyenyak dan tidak terlihat marah-marah, bahkan sudah mulai mau cerita pada ayahnya. Setelah itu tidak ada komunikasi lagi hingga setahun lebih, dan baru mengabari hari ini bahwa Susi sudah selesai diwisuda.

Alhamdulillah, semoga semakin hari semakin baik adanya.

Khairul Anwar | Clinical Hypnotherapist | +62 81378537379

Posting Komentar

0 Komentar